free hit counters
 

Keliling Menggalang Dana untuk Penyediaan Water Torn

truck bwaMobil truk tangki air bersih untuk minoritas Muslim NTT sudah jadi dan siap dioperasikan mengangkut air bersih dari mata air dan membawanya ke lima desa di Kecamatan Ile Ape, Lembata, Nusa Tenggara Timur. Untuk itu diperlukan garasi dan juga bak penampung (water torn) di empat desa penerima air bersih tersebut.

Makanya, Mitsubitshi FE 73 dengan enam ban dan tangki berkapasitas lima ribu liter tersebut tidak langsung dikirim ke Ile Ape, tetapi dibawa keliling terlebih dahulu ke berbagai kota di pulau Jawa untuk menggalang dana dari kaum Muslimin mulai akhir September hingga akhir Oktober 2013.

“Truk tangki ini akan diroadshowkan, dimulai dari Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya,” ungkap Manager Marketing Badan Wakaf Al-Quran (BWA) Hazairin Hasan.

Dana tersebut digunakan untuk membuat garasi truk di dekat mata air di Bukit Waekomolo Eloba serta lima water torn yang masing-masing berkapasitas 5200 liter.

Desa Dulitukan (300 KK), Palilolon (400 KK), dan Tagawiti (450 KK) masing-masing mendapatkan satu water torn. Sedangkan untuk desa Kolipadan (800 KK) mendapatkan dua water torn, karena jumlah penduduknya jauh lebih banyak dari desa lain.

Water torn ini akan dibuat di dalam suatu rumah kecil sehingga torn akan terjaga dari panas dan hujan sehingga dapat bertahan lebih lama,” ungkap Darminto penanggung jawab project dari BWA.



Dana yang terkumpul meski secara berangsur, akan langsung dikirim ke NTT agar dapat segera digunakan  untuk pembangunan sarana air bersih tersebut. Diharapkan, ketika truk sampai NTT pada awal Nopember mendatang, water torn dan garasi pun sudah jadi. Dan warga pun dapat segera menikmati air bersih yang selama ini dinanti. Panen pahala untuk wakif pun mengalir tiada henti. Aamiin.

Penyediaan mobil tangki ini merupakan solusi untuk mengatasi krisis air penduduk Ile Ape. Karena, hasil survei geolistrik BWA dan PT Toha Driling pada April 2010 lalu menyimpulkan, pengeboran sumur tak mungkin dilakukan, lantaran air asin atau payau masih terkandung hingga lapisan akuifer di kedalaman +100 meter.

Maka, mengambil air dari sumber mata air  dari bukit subur pun menjadi solusi. Untuk itu BWA meluncurkan program penghimpunan dana  untuk wakaf pengadaan sarana air bersih untuk desa-desa Muslim Ile Ape.[]

Aliran pahala sepanjang masa menanti Anda. Klik Disini untuk Wakaf!

Wakaf Terbaru