free hit counters
 

Kena Flu dan Pilek, Gejala Covid Bukan?

Menurut Dr Torres, ketiga penyakit ini memiliki beberapa gejala yang mirip. Akan tetapi, ada pula perbedaan yang bisa diperhatikan. Berikut ini adalah gejala khas dari pilek, flu, dan Covid-19.

Gejala Umum Pilek

Biasanya, gejala pada pilek cenderung muncul dalam beberapa hari. Gejala yang kerap muncul pada pilek adalah hidung beringus, nyeri tenggorokan, batuk, dan hidung mampat.

Gejala Umum Flu

Tak seperti pilek atau Covid-19, gejala flu muncul tiba-tiba dan bisa terasa berat. Bila terserang flu, seseorang bahkan bisa sampai sulit bangun dari tempat tidur. Gejala yang sering muncul pada flu adalah demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung beringus, nyeri badan, serta sakit kepala.

Gejala Umum Covid-19

Untuk Covid-19, sebagian gejala yang kerap muncul mirip seperti pilek dan flu. Gejala tersebut meliputi sakit kepala, nyeri tenggorokan, hidung beringus, demam, dan nyeri badan. Akan tetapi, ada pula gejala yang cukup khas seperti kehilangan indra penciuman dan perasa.

Di tengah kemunculan varian Omicron, gejala seperti kehilangan indra penciuman dan perasa mulai jarang dikeluhkan. Akan tetapi, banyak yang mengalami gejala berkeringat di malam hari, batuk, kelelahan, dan hidung mampat atau hidung beringus.

Kapan Sebaiknya Tes Covid-19?

Saat merasakan gejala, penting untuk tidak menebak-nebak diagnosis sendiri. Untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang terkena Covid-19, pilek, atau flu, tes tetap perlu dilakukan.

Kiat Meringankan Gejala



Gejala-gejala Covid-19, flu, dan pilek bisa terasa sangat mengganggu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala-gejala tersebut saat menjalani pemulihan di rumah.

Untuk demam dan nyeri badan, gunakan obat yang dapat menurunkan demam atau meredakan sakit seperti asetaminofen dan ibuprofen. Untuk hidung tersumbat, gunakan obat bebas decongestant.

Untuk keluhan lelah, pastikan hidrasi tubuh tetap terjaga dan istirahat yang cukup. Dr Torres mengatakan tidur adalah salah satu hal yang paling membantu selama masa pemulihan.

Bila mengalami kesulitan bernapas, jangan diabaikan. Segera minta pertolongan dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.[rol]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2Lihat semua

Tahukah Anda Terbaru