free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

10. Semakin Maraknya Riba

Riba merupakan salah satu dosa besar yang tidak disukai oleh Allah, karena di dalamnya terdapat kecurangan yang tentunya merugikan salah satu pihak. Allah pun lebih menyukai transaksi jual beli biasa tanpa ada kecurangan meskipun untung yang didapat hanya sedikit.

Sayangnya, saat ini praktik riba justru tumbuh subur bahkan saling berlomba-lomba. Juga dikemas dalam bentuk semenarik mungkin hingha tak terlihat bahwa itu adalah salah satu kegiatan yang berujung dosa, bahkan dapat mendatangkan murka dari Allah SWT.

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah Ayat 275)

Masih banyak lagi contoh dari kiamat sugra yang dapat ditemui di sekitar kita. Meski sudah tampak, namun keberadaan atau kejadiannya tidak dapat dijadikan patokan bahwa kiamat akan segera terjadi karena hal-hal tersebut sudah terjadi sejak lama bahkan sejak sebelum Rasulullah lahir.

Tanda Kiamat Kubro

Kiamat kubro merupakan tanda bahwa kehidupan di dunia akan berakhir. Pertanda yang muncul lebih dahsyat dan berdampak lebih parah daripada kiamat sugra. Karena merupakan akhir zaman, maka ciri-cirinya bersifat merusak dan menghancurkan seperti munculnya Dajjal.

قُلِ اللّٰهُ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يَجْمَعُكُمْ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ لَارَيْبَ فِيْهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ



“Katakanlah, “Allah yang menghidupkan kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari Kiamat yang tidak diragukan lagi; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Kerusakan yang terjadi pun lebih kepada kehidupan manusia dengan bertujuan untuk menyeleksi sekelompok orang kafir dan mukmin. Meski begitu, Allah SWT tetap menurunkan pertolongan melalui turunnya Nabi Isa AS. Berikut penjelasan mengenai tanda kiamat kubro:

1. Munculnya kabut atau Dukhan

Dari kitab karya Al Allamah al Khozin, menjelaskan saat Hudzaifah bertanya kepada Rasul apa yang dimaksud dengan Dukhan, maka Rasul pun membacakan sebuah ayat yang memiliki arti “Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata”.

Dari ayat tersebut, asap akan memenuhi sisi timur dan barat dalam waktu 40 hari 40 malam. Untuk orang mukmin, efeknya akan seperti saat terkena influenza sedangkan bagi kalangan kafir menjadikan mereka bagaikan orang mabuk dengan asap keluar dari hidung, telinga dan duburnya.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10Lihat semua

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru