free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

Beberapa Tanda-tanda Kiamat

Allah pun tidak mendatangkan kiamat tanpa pemberitahuan, meskipun kedatangannya tidak ada yang mengetahui kapan pastinya. Sebelum hari akhir terjadi, terdapat beberapa pertanda yang sudah dijelaskan di Al-Quran dan hadits.

Tanda-tanda tersebut terbagi menjadi dua secara garis besar yaitu kiamat sugra atau tanda kecil dan awal dari kerusakan di muka bumi. Kedua ialah kiamat kubro, dimana ini merupakan akhir dari kehidupan manusia di dunia.

Tanda Kiamat Sugra

Kiamat sugra sering diartikan dengan terjadinya tanda-tanda akhir jaman yang terjadi dalam waktu lama. Beberapa pertanda saat ini telah terjadi dan bahkan dianggap biasa saja. Hal tersebut merupakan permulaan dari kiamat kubro.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ



Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” (Al Quran surat Al-A’raf ayat 187)

Tanda-tanda kiamat sugra pun sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad yang berlanjut hingga saat ini. Beberapa disadari oleh umat Islam sebagai teguran dari Allah atas perbuatan mereka. Berikut beberapa contoh dari kiamat kecil yang dapat direfleksikan dari kehidupam sehari-hari.

1. Berlomba Membuat Bangunan Tinggi

Dewasa ini banyak orang-orang yang berlomba membuat bangunan tinggi dengan berbagai tujuan. Ternyata hal tersebut merupakan salah satu ciri kiamat kecil yang dianggap biasa saja. Padahal, hal tersebut menunjukkan akan sifat berlebih-lebihan serta kesombongan.

Selain membuat bangunan tinggi, saat ini orang-orang pun berlomba untuk menghias bangunan masjid namun tidak meramaikannya. Sehingga, itu hanya menjadi kebanggaan di luar semata namun tidak berjalan sesuai dengan fungsinya

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10Lihat semua

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru