free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

7. Munculnya Api dari Yaman

Api yang dimaksud ialah api ‘Adn dengan penggambaran besar serta menakutkan. Tidak ada seorang pun mampu memadamkannya. Ia akan menggiring manusia ke padang Masyhar sebagai salah satu tahapan menuju masa penghitungan amal.

Manusia digiring ke padang masyhar adalah orang-orang kafir yang masih hidup, sedangkan kaum mukmin akan meninggal sebelum sangkalala ditiup. Setelah itu, mereka semua akan dikumpulkan untuk ditentukan menghuni surga atau neraka.

Tidak Ada Kepastian Waktu Kapan Terjadinya Kiamat

Ada beberapa perbedaan dalam urutan terjadinya kiamat kubro menurut beberapa ulama. Dalam hadits riwayat Imam Bukhori pertama kali yang akan terjadi adalah api yang menggiring manusia menuju tempat berkumpul. Namun, Imam Muslim menyatakan bahwa akan didahului dengan terbitnya matahari dari sebelah barat.



Adanya perbedaan tersebut bukan tanpa sebab, karena Rasul pun juga tak mengetahui secara pasti tentang kedatangan hari kiamat itu. Beliau berharap dengan memberikan jawaban berbeda-beda kepada sahabat yang bertanya tanda kiamat, agar tidak memikirkan hal tersebut terus menerus.

Maksud lain yang ingin disampaikan oleh Rasul pun agar para sahabat serta seluruh umat manusia tidak menghabiskan waktu hanya memikirkan tentang hari kiamat saja. Namun lebih kepada mempersiapkan diri menuju datangnya hari akhir karena hal itu lebih penting.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Fakhruddin Ar-Razi, bahwa ketidakpastian akan datangnya kiamat akan menjadikan hamba-Nya mempersiapkan diri lebih baik serta menghindarkan diri dari maksiat dan perbuatan yang dibenci Allah.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat yang pasti akan terjadi. Sebagai umat Islam wajib mengimani akan datangnya hari akhir dengan memperhatikan pertanda dari Allah melalui berbagai kerusakan baik dari alam maupun dari kehidupan masyarakat.

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10Lihat semua

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru