free hit counters
 

Tips Bila Anda Difitnah, Ustaz Buya: Anda Tenang, Surga Tempatmu

Tips Bila Anda Difitnah, Ustaz Buya: Anda Tenang, Surga Tempatmu

eramuslim.com – Sudah banyak orang-orang sekitar kita yang difitnah dengan banyak hal. Mulai dari mencuri, bahkan korupsi sekalipun.

Dalam Islam, fitnah merupakan perbuatan yang lebih kejam dari pembunuhan. Sebagaimana di dalam surah Al Baqarah ayat 191.

Penceramah Ustaz Buya Yahya memberikan tips bila ada seorang muslim difitnah telah melakukan hal yang jahat, meski sebenarnya ia tidak melakukan sama sekali seperti yang dituduhkan.

Ustaz Buya lebih dulu bercerita, fitnah sendiri sudah terjadi sejak zaman nabi.

“Nabi itu difitnah jadi penyihir. Macam-macam. Jadi kalau kita difitnah, kita belajar dengan orang besar, hampir semua orang besar difitnah. Dan kenapa? Sebetulnya itulah Allah mengangkat derajatnya (hambanya),” katanya dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.

Bila anda difitnah, lanjut Ustaz Buya, sebaiknya ucapkan hamdalah bahwa apa yang dituduhkan tidak seperti yang mereka duga.

“Kalau anda difitnah, ucapkan Alhamdulillah. Ternyata aku tidak seperti yang ia duga. Selesai. Kalau dia memfitnah yang kita tidak lakukan, kita bersyukur tidak melakukan. Selesai,” bebernya.



Namun sebaliknya. Bila apa yang dituduhkan benar terjadi pada diri kita, dan dianggap orang lain adalah sebuah kesalahan, sebaiknya anda berpikir positif, bahwa Allah sedang menegur hamba-Nya.

“Kalau memang ada kesalahan di saya, ucapkan Alhamdulillah Allah mengingatkan saya. Itulah pendidikan dari Imam Ghozali rahimallahu ta’ala,” tambah lulusan Universitas Al-Ahgaf, Hadramaut, Yaman ini.

Lalu, seseorang akan aman dari segala macam fitnah bila kelak sudah ada di surga. Di tempat itu, hamba Allah sudah tentram tanpa gangguan.

“Kapan anda aman dari fitnah, nanti kalau anda sudah ada di surga. Jadi kalau anda difitnah, anda tenang karena tidak melakukannya,” tandasnya. [Fajar]

Oase Iman Terbaru