free hit counters
 

Mengganti Sholat yang Sudah Ditinggalkan Bertahun-tahun? Berikut Cara yang Disampaikan UAS

Mengganti Sholat yang Sudah Ditinggalkan Bertahun-tahun? Berikut Cara yang Disampaikan UAS

Eramuslim.com – Mungkin di antara kita ada yang meninggalkan sholat selama bertahun-tahun dan kini sadar bahwa itu harus diganti. Bagi yang belum tahu cara mengganti shalat yang ditinggalkan bertahun-tahun bisa menyimak ceramah dari Ustaz Abdul Somad dalam channel YouTube Taman Surga.Net.

Ustaz Abdul Somad mendapatkan pertanyaan bagaimana caranya mengganti shalat yang ditinggalkan bertahun-tahun. Terkait hal itu, ustaz yang akrab disapa UAS ini memberikan jawabannya berikut ini.

Wajib qadha sholat

Shalat yang ditinggalkan dulu wajib di-qadha, kata Ustadz Abdul Somad.

Selanjutnya, Ustadz Abdul Somad menyarankan jangan melakukan qadha di masjid nanti orang-orang bisa merasa tak nyaman. Orang bisa mengira Anda melakukan niat sholat yang aneh, sehingga lebih baik diganti di rumah.



Lalu berapa lama mengganti shalat yang ditinggalkan bertahun-tahun?

Ustadz Abdul Somad menjelaskan shalat yang ditinggalkan bertahun-batun tidak dapat diwariskan. Tidak seperti hutang puasa yang dapat digantikan ahli waris, sehingga sebaiknya segera hitung di umur berapa Anda mulai tidak sholat.

Misalnya dari umur 10 tahun, lalu sekarang umur Anda 27 tahun dan ingat untuk mengganti shalat yang tidak dilaksanakan selama 17 tahun itu.

Maka, Anda harus melaksanakan qodho sholat yang telah ditinggalkan selama 17 tahun, yang artinya memakan waktu 17 tahun pula untuk membayar waktu sholat yang telah ditinggalkan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Oase Iman Terbaru