free hit counters
 

Masya Allah, Inilah 6 Hidangan Para Penghuni Surga

Eramuslim.com – Perihal surga pastilah menarik perhatian tiap muslim. Pasalnya surga merupakan tempat yang kekal bagi mereka yang ta’at dan diridhai Allah.

Ilustrasi

Sebagai ganjaran karena telah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, Allah telah menyiapkan nikmat yang tidak terhingga bagi para penghuni surga kekal. Allah befirman:

“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Mursalaat: 43).

Berikut ini makanan dan minuman yang diberikah Allah bagi para penguhuni surga kelak.

1. Air kafur

Setelah melewati lintasan Mahsyar dan kesulitan-kesulitan lainnya di akhirat, para penghuni surga akan siguhkan minuman berupa air kafur. Jenis minuman ini berasal dari mata air telaga Al Kautsar, yakni sumber amata air yang sangat jernih dan luas yang ada di surga.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan Rabbku ‘Azza wa Zalla untukku. Di sana, terdapat kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang akan didatangi umatku pada hari kiamat. Jumlah bejananya sebanyak bintang-bintang. (HR. Muslim).

Allah berfirman mengenai keutamaan air kapur:

“Susungguhnya, orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah, yang mereka memancarkan dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Insaan: 5-6).



2. Air jahe

Minuman terbaik kedua yang akan dihidangkan bagi penghuni surga adalah air jahe. Tentu air jahe yang ada di surga jauh lebih baik daripada yang ada di dunia. Dalam Al Qur’an, jahe disebut sebagai zanjabil. Kelak, penguhuni surga akan dijamu dengan campuran air jahe dari mata air surga Salsabil.

Allah berfirman:

“Di dalam surga itu, mereka diberi segelas minuman berampur jahe, (yang diditangkan dari) sebuah mata air yang dinamakan Salsabil.” (QS. Al Insaan: 17-18).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Oase Iman Terbaru