free hit counters
 

Skoliosis Karena Peritonitis Tb

Assalamu’alikum Wr. Wb

Dokter, saya(38 th) pernah menderita peritonitis tb 10 th yang lalu. Saya berobat selama 12 bulan dan dinyatakan sembuh.Sejak saat itu tulang belakang saya miring ke arah kanan. Saya tidak pernah periksa ke dokter mengenai ‘kebengkokan’ tsb. Saya pikir ini merupakan akibat dari sakit yang saya derita, apalagi setelah sembuh kekuatan fisik saya pun pulih kembali dan saya tidak merasa ada gangguan dari ‘bengkoknya’tulang belakang ini. Akhir-akhir ini saya mulai berpikir benarkah sikap saya ini? Apakah tulang belakang saya bisa bertambah bengkok? Samakah skoliosis yang saya derita dengan skoliosis sebenarnya?

Mohon nasihat dan sarannya.

Jazakumullahu katsiran.

Wassalam

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Skoliosis merupakan pembengkokan kearah samping dari tulang belakang yang merupakan suatu deformitas (kelainan). Skoliosis dapat bersifat nonstruktural karena kebiasaan postur tubuh yang salah, spasme otot, dan gangguan saraf. Skoliosis bentuk ini biasanya bersifat reversibel. Sedangkan skoliosis struktural bersifat irrevesibel, biasanya tidak diketahui penyebabnya (80 %) atau karena fraktur dislokasi tulang punggung, penyakit Tbc tulang dll.
Skoliosis yang Sdr alami masih mungkin bersifat nonstruktural atau bersifat struktural karena pengaruh ‘peritonitis Tb’. Untuk mengetahui hal tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter dan mungkin diperlukan pemeriksaan rongten tulang belakang, sehingga akan diketahui penyebanya dan nantinya dapat ditangani secara lebih dini dengan hasil optimal.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru