free hit counters
 

Kb Sebelum Punya Anak Pertama

Assalamua’laikum Wr.Wb.

Dokter, saya seorang mahasiswa menikah sekitar 6 bulan yang lalu. yang ingin saya tanyakan:  bagaimana efek dari KB baik dengan suntik/pil bagi orang yang belum pernah hamil.  ada yang bilang, memperkering indung telur, ada yang bilang tidak masalah.  bagaiman sebenarnya dokter?

trimakasih

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sdr Ambar, secara umum penggunaan KB hormonal (suntik , pil, susuk) akan mempengaruhi kadar hormon didalam tubuh, sehingga dapat mencegah ovulasi atau menghambat terjadinya konsepsi (pertemuan antara sel sperma dengan sel telur). Menurut para pakar selama penggunaan alat kontrasepsi, pembentukan antibodi terhadap sperma akan terus terbentuk. Bahkan semakin lama kadarnya semakin tinggi dan pertahanannya semakin kuat. Diduga inilah biang keladi si wanita sulit hamil. Jadi, dengan kata lain dalam tubuh si wanita telanjur timbul "kontrasepsi alami" atau tercipta antibodi kuat yang menolak kehadiran sperma yang hendak
membuahi sel telurnya.

Kalau pun sampai terjadi pembuahan, menurut para pakar itu, bisa jadi telah terbentuk efektor imun lebih dahsyat. Yang dimaksud efektor imun adalah sistem imun seluler (yang dibawa oleh leukosit, makrofag, dll.) yang mampu menimbulkan efek peradangan terhadap janin dan plasenta yang telah mulai berkembang dalam rahim sang ibu. Penolakan imun ini bisa menyebabkan keguguran.

Jadi penggunaan KB hormonal (pil, suntik, susuk) dan IUD tidak dianjurkan untuk pasangan yang baru menikah tetapi ingin menunda kahamilan. KB yang dianjurkan untuk pasangan tersebut adalah dengan menggunakan kondom atau dengan metode pantang berkala.  Allohu’alamu bis showab.
Wassalam

Klinik Sehat Terbaru