free hit counters
 

"Jeda" setelah dikuret

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pak,saya ibu rumah tangga usia 22 tahun. Januari tahun ini saya dikuret karena kandungan yang tidak berkembang. Ini merupakan kehamilan pertama saya. Saya sering dengar bahwa setelah dikuret harus kosong dulu (dianjurkan ber-KB) selama kurang lebih 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang sampai setahun.Tapi untuk kasus saya ini, dokter (laki-laki)  tidak melakukan batasan seperti itu, dengan alasan penyebab saya dikuret belum dapat dipastikan, artinya saya & suami bebas berhubungan. Kurang lebih sebulan setelah dikuret, saya merasa agak sakit di perut bagian bawah saya. Saya coba konsultasi ke dokter kandungan (perempuan), dan katanya rahim saya normal. Dokter yang ini menyarankan agar saya memakai KB karena beliau tahu saya telah dikuret. yang ingin saya tanyakan:

1. Sebenarnya adakah batasan untuk tidak berhubungan suami istri setelah dikuret?

2. Apakah rasa sakit di perut saya bagian bawah ada hubungannya dengan keadaan rahim saya?(saya sudah konsultasi ke dokter umum, tapi tdk jelas. saya konsultasi juga ke klinik herbal, dan katanya ada sedikit radang di perut saya itu,dan dikhawatirkan merupakan efek dari dikuret.)

3. Obat herbal atau terapi apa yang dapat saya lakukan untuk memulihkannya?

Jazakumullah khoir Pak, atas jawabannya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sebenarnya pasca kuret tidak ada batasan khusus mengenai kapan boleh berhubungan, yang penting jika ibu sudah merasa sehat, fit, tidak ada darah atau kotoran yang keluar dari vagina, insyaAlloh sudah bisa berhubungan lagi. Kuret memang menyebabkan luka di di dinding rahim, tapi dengan sendirinya luka tersebut akan sembuh, asalkan tidak terjadi infeksi (biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi). Mengenai rasa sakit yang ibu rasakan di perut bagian bawah, mungkin dikarenakan ada luka pasca kuret yang belum pulih, tapi bisa juga karena sebab lainnya. (sebaiknya ibu memeriksakan langsung ke dokter). 

Untuk memulihkan kondisi pasca kuret, yang perlu dilakukan antara lain : istairahat cukup, makanan bergizi dan seimbang, mengkonsumsi kurma, madu dan habbtussuda, serta memperbanyak sayuan dan buah – buahan. semoga bermanfaat

Wassalam

Klinik Sehat Terbaru