free hit counters
 

Jantung Bocor

Assalamualaikum.wr.wb

dr Rahmadi yang insya Allah di muliakan Alloh. Saya mau bertanya tentang penyakit yang di derita anak saudara saya berumur 7 tahun,anak tersebut kata dokter menderita penyakit jantung bocor,dan harus di operasi di jakarta,karena orang tuanya tidak mampu,sampai saat ini hanya di obati dg obat tradisional dan ke dokter umum saja.

1. Bisa kah penyakit itu diobatin dg obat2 herbal?



2. Mohon penjelasan tentang jantung bocor pada anak,dan mohon saran dari dokter bagaimana sebaiknya kami,,,

Jazakallah khoiron katsiron,,,semoga dokter Rahmadi selalu dirahmati Allah Swt,amin,,,

Wassalam

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sdr Hadi Santoso yang dirahmati Alloh, Jantung bocor biasanya merupakan kelainan bawaan. Secara medis yang termasuk penyakit jantung bocor antara lain defek septum ventrikel (defek atau lubang pada dinding otot antar ventrikel), defek septum antrium (defek atau lubang pada dinding antar atrium), atau mungkin juga terdapat kelainan pada katup – katup jantung. Untuk mengetahui jenis kelainan dan berat ringan penyakit tersebut selain dengan wawancara (anamnesis), pemeriksaan fisik (terutama bunyi jantung), biasanya diperlukan pemeriksaan tambahan seperti rongten dada dan pemeriksaan echocardiografi (pemeriksaan jantung dengan alat seperti USG). Biasanya fasilitas tersebut terdapat di rumah sakit besar di Jakarta (RS Jantung Harapan Kita).
Karena penyakit ini merupakan kelainan anatomi, untuk mengatasinya biasanya diperlukan tindakan operasi. Adapun obat – obat herba yang dapat digunakan untuk membantu antara lain habbatussauda, pisang, jus kacang panjang dan kurma.  Herba tersebut berfungsi sebagai sumber kalium (untuk membantu kerja otot jantung) dan sumber asam amino arginin yang dibutuhkan dalam membentuk otot. Selain itu  anak harus menghindari makanan tinggi garam dan makanan yang mengandung penyedap rasa serta pengawet. Mudah – mudahan dengan mengkonsumsi secara terus menerus dapat mengobati penyakit yang diderita dengan izin Alloh. Allohu’alam bis showab.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Klinik Sehat Terbaru