free hit counters
 

Rumah Kebun


Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, semoga eramuslim bisa tetap eksis berdakwah di internet. Kepada seluruh kru eramuslim semoga bisa tetap istiqomah.

Langsung ke permasalahan, saya memiliki tanah bentuknya memanjang dan agak berkelok-kelok. Seperti terlampir di email, saya ingin membuat rumah kebun. Dengan banyak taman.

Kebutuhan ruangnya adalah : Lantai 1 tediri dari kamar tidur utama + wc utama, ruang tamu, ruang tidur tamu, kamar mandi umum, ruang makan, pantry, dapur, mushola, ruang keluarga, gudang dan garasi.

Untuk Lantai atas saya ingin 2 kamar tdiur anak dengan balkon ke belakang, wc , kamar pelayan, gudang, ruang cuci jemur, wc cuci.

Untuk kamar anak-anak saya ingin tidak terlalu tinggi, tidak setinggi ruang pelayan dan cuci jemur. Lalu ada balkon bisa melihat ke dalam arah ruang keluarga dan ruang makan. Hingga saya tidak terlalu terpisah dengan anak-anak di lantai atas.

Keinginan terakhir, saya sebenarnya hobi membongkar mobil. Jadi kalau bisa dibuat tempat khusus bagi saya agar hobi mengutak atik mobil tetap dapat tersalurkan.

Demikian pertanyaan kami. terimakasih atas jawaban Pak Andan di eramuslim.com

Wassalaamu’alaikum wrwb

Yuzar

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Yuzar yang saya hormati, terimakasih atas aksesnya kepada kami. Terimakasih pula atas doanya. Kamipun berharap agar dapat istiqomah melayani netters sekalian.

Setelah saya pelajari lahan yang ada, saya benar-benar tertarik untuk membuat rumah kebun yang hijau segar nan asri. Karena tanah ini memanjang ke belakang. Untuk saya buat taman depan dan belakang dengan cukup lapang. Bahkan di depan ada plaza yang cukup nyaman. Bisa digunakan untuk memutar mobil.

 

 

Ruang tidur utama saya buat menempel di sisi kiri bangunan. Karena posisinya di belakang maka ia sangat terjaga privasinya. Carport dan garasi ada di sisi kanan lahan. Di sebelah garasi saya buat dapur. Dengan cara demikian maka kita akan dapat ruang tengah yang lapang.

Gudang di bagian bawah sebaiknya berupa janitor. Karena ia berfungsi menyimpan dan memberishkan peralatan pel lantai. Hingga kegiatan membersihkan lantai dapat berlangsung dengan baik.

Kamar tidur anak di akses melalui bordes tangga. Melalui bordes tangga ini juga dibuat tangga ke ruang pelayan. Dengan cara seperti ini kita akan memperoleh split level yang baik. Kamar anak tidak terlalu tinggi. Ruang duduk di depan kamar menjadi balkon ke dalam. Sementara balkon luar tetap ada untuk menikmati kebun belakang.

Void besar di tengah membuat rumah ini semakin lapang dan nyaman. Hingga keinginan untuk tetap dapat berkomunikasi dengan anak di lantai 2 dapat terlaksana. Tidak ada pemisah yang terlalu kaku antara lantai dasar dan lantai atas.

Karena rumah ini berjudul rumah kebun , maka eksteriornya saya buat percampuran konsep natural dan minimalis. Natural terwakili dengan tembok batu alam yang sangat dominan di bagian muka. Unsur minimalis tampil dengan box dan pet beton yang sederhana.

3 dimensinya menjadi menarik sekali. Dengan warna putih dan abu-abu yang polos sangat membaut rumah tampil modern. Karena unsur sederhana tampil kuat disini. Berpadu dengan tekstur natural dari batu alam. Di tata dengan pola beranek ragam membuat rumah ini tampil tidak membosankan.

 

Bagian belakang menjadi semakin menarik karena ada balkon private yang menjadi ‘surprise design’. Garasi bagian belakang saya biarkan terbuka hingga seperti menjadi kolong yang lapang.

Hobi Pak Yuzar untuk mengutak atik mobil bisa tersalur dengan baik karena saya buat paving block yang menerus ke belakang. Jadi service area ini benar-benar tidak mengganggu privasi rumah di sisi yang berlawanan. Tidak terjadi kesimpang siuran zone plan.



Demikian Pak Yuzar, akhir dari penjelasan disain saya. Semoga bermanfaat. Semoga bisa segera terwujud rumah kebun yang cantik ini. Salam untuk keluarga di rumah.

Netters sekalian, sebentar lagi adzan maghrib, mari kita bersiap menuju masjid atau mushola. Agar sholat dapat kita tunaikan secara berjama’ah.  Akhirul kalam, wa billahi tafik wal hidayah.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru