free hit counters
 

Kiat Membangun dan Mempercantik Dapur

Dear Pak Aria yang yang kami hormati,

Assalamualaikum Warramatullahi Wabarrakatuh,

Kami baru saja membeli sebuah rumah di daerah bekasi seluas 66 m2 melalui kredit Bank BTN dan kami berencana akan membangun dapur tapi kami kebingungan melihat design dari majalah karena budget kami yang terbatas. Oleh karena itu kami mohon bantuan dan petunjuknya agar dapur yang akan kami bangun tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, namun demikian
bagus untuk dilihat dan juga sirkulasi udaranya dapat mengalir dengan baik mengingat rumah kami berdempetan.
Rencana kami di bulan depan akan kami pugar karena saat ini kami masih mengontrak.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, saya berharap bantuannya.

Terima kasih.

Wasalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wa’alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah saudara Budi, kita bisa bertemu dalam rubrik konsultasi ini untuk saling bersilahturahim dan berbagi ilmu.
Keinginan mempercantik dapur menandakan bahwa anda sangat mencintai istri anda, karena dapur walaupun hanya merupakan ruang penunjang, tetapi memiliki fungsi yang sangat penting dan merupakan ‘istana’ bagi seorang istri untuk mewujudkan tugas mulianya sebagai seorang ‘permaisuri’ dan ibu bagi putra putrinya. Dari dapur yang bersih dan tertata dengan baik akan terbangun keharmonisan rumah tangga. Di dapurlah istri akan membuktikan kepiawaiannya dalam menyajikan hidangan yang terbaik bagi suami dan anak-anaknya yang membuat suami selalu merasa rindu untuk cepat-cepat pulang dan menikmati santapan yang lezat buatan sang Istri tercinta.

Tapi apa jadinya jika dapur tidak tertata dengan baik, kotor dan hii….banyak tikusnya? Tentulah istri akan enggan untuk beraktivitas di dalamnya, ‘boro-boro’ masak makanan yang enak, menginjakkan kaki ke dapur saja mungkin sudah nggak mood.

Ada beberapa kiat untuk mendapatkan dapur yang cantik namun tetap sederhana, dan terjangkau biayanya, karena pilihan material sangat beraneka ragam sesuai dengan budget yang kita anggarkan.

Untuk rumah yang berdempetan, posisi dapur memang harus direncanakan secara khusus karena kita tidak mungkin membuat bukaan ke samping dan belakang rumah.
Posisi dapur yang ada di bagian depan dan mempunyai akses langsung ke halaman rumah akan memudahkan distribusi bahan-bahan makanan ke dapur dan juga mudah untuk membuang sampah tanpa harus mengganggu aktivitas pada ruang-ruang lain. Sirkulasi udara juga lebih baik karena kita bisa membuat bukaan langsung ke halaman depan sehingga tidak terasa panas dan sumpek.

Sebaliknya dapur yang terletak di tengah atau di belakang rumah tentunya akan lebih sulit mengakses dan membuat bukaan, sehingga penghawaannya menjadi kurang bagus. Oleh karena itu sebaiknya dapur dibuat terbuka dan menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga. Jika memungkinkan letakkanlah bersebelahan dengan taman sehingga sirkulasi udaranya mengalir dengan lancar.

Konsekuensi membuat dapur yang terbuka dan terlihat dari luar tentunya membutuhkan penataan yang baik agar tidak terlihat kumuh. Mulai dari desain, material maupun equipmentnya harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan, luas ruangan, dan budgetnya.

Anda tidak perlu membuat dapur kotor dan dapur bersih yang terpisah karena akan membuang banyak space dan biaya yang tidak sedikit, sebaiknya dana yang ada dioptimalkan untuk membuat satu kitchen set saja, karena semua kebutuhan dan equipment dapur anda dapat masuk dan tersimpan dengan rapih. Mengenai budgetnya sangat variatif tergantung dari luasan dan material finishing yang digunakan.

Jika ingin menekan biaya, buatlah kitchen set dengan luasan yang minimal dimana cukup untuk meletakkan :

  • 1 unit stove (kompor) dengan luas 60 cm x 60 cm
  • 1 unit sink (tempat cuci) dengan luas 60 cm x 60 cm
  • Meja racik dengan luas 60 cm x 60 cm
  • 1 unit lemari es dengan luas 60 cm x 60 cm
  • Meja saji dengan luas 60 cm x 60 cm

Sehingga minimal luas dari kitchen set adalah 300 cm x 60 cm. Luasan ini tentunya belum termasuk sirkulasi untuk melakukan aktivitas memasak.

Bentuk kitchen set pun bervariatif, bisa memanjang (single line), L atau U, anda dapat menyesuaikan bentuknya dengan ruangan yang ada. Jika ruangan memungkinkan, pilihlah bentuk L, karena bentuk ini akan memisahkan aktivitas pada saat memasak dibandingkan dengan yang single line, bentuk lengan yang satu berfungsi sebagai area memasak dan menyimpan bumbu-bumbu, sedangkan lengan lainnya untuk area menyajikan makanan, menyimpan perangkat makan dan lemari pendingin.

Konstruksi kitchen set dapat terbuat dari kayu (multipleks) atau cor beton, tetapi bentuknya akan lebih fleksibel apabila terbuat dari kayu. Untuk material finishingnya juga kembali lagi tergantung budget yang dianggarkan, bisa di cat duco dengan warna-warna yang segar, di finish melamik yang akan memperlihatkan serat-serat kayunya atau dilapis dengan HPL (high pressure laminating) dengan warna dan tekstur yang variatif serta harga yang lebih terjangkau. Dan yang paling menentukan adalah finishing bagian atas dari kabinet bagian bawah atau istilahnya adalah top table, sebaiknya menggunakan material yang tahan lama dan mudah perawatannya karena cenderung akan terkena panas, gesekan dan tumpahan berbagai macam bahan masakan. Anda dapat memilih material granit, stainless atau cukup dilapis keramik saja yang biayanya lebih murah.

Secara fungsi, umumnya kitchen set  terdiri dari 2 bagian yaitu kabinet bawah yang digunakan untuk menyimpan keperluan dapur dan kabinet atas untuk menyimpan bahan makanan dan perlengkapan makan. Tetapi untuk menghemat biaya, kabinet atas bisa digantikan dengan ambalan-ambalan yang langsung menempel pada dinding. Untuk menghemat tempat, area kitchen set dapat disatukan dengan ruang makan dengan desain meja makan yang menyatu, sehingga suasana dapur pun akan bertambah hidup dan menyenangkan.

Satu kendala lagi untuk dapur yang terbuka adalah menanggulangi asap yang ditimbulkan oleh kompor, karena itu sebaiknya dapur diletakkan bersisian dengan taman sehingga asap tidak masuk ke ruangan. Tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan alat penghisap asap atau biasanya disebut cooker hood yang diletakkan tepat di atas stove atau kompor, pilihlah yang harganya terjangkau karena jenis dan merknya sangat bervariasi.

Untuk mempercantik dapur, dinding kosong diantara kabinet atas dan bawah bisa dilapis dengan mozaik kaca, keramik motif atau cukup dicat dengan wana yang kontras. Kreatifitas anda sangat dibutuhkan di sini untuk mendapatkan desain yang menarik dengan biaya yang murah. Anda bisa melukis dindingnya atau menggantungkan frame-frame lukisan bertema kuliner. Penambahan pajangan dan pernak pernik yang berhubungan dengan makanan serta vas bunga di sudut ruangan juga akan membantu mempercantik dapur anda.



Dan yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah faktor pencahayaan, gunakanlah lampu TL day light berwarna putih dengan kuat cahaya yang memadai, karena akan memberikan kesan bersih dan lapang pada dapur anda.

Intinya jika anda ingin memiliki kitchen set  yang menarik, compact dan biayanya tidak terlalu mahal, dibutuhkan kreatifitas dalam menentukan letak dapur di dalam rumah, bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, serta pemilihan material finishing yang terjangkau oleh kocek anda. Jadikanlah desain kitchen set  yang anda baca di majalah sebagai inspirasi anda untuk menentukan pilihan yang bijak, sesuaikan juga dengan gaya interior rumah anda sehingga dapur akan menjadi kebanggaan dalam rumah dan menjadi tempat yang nyaman bagi istri anda untuk beraktivitas di dalamnya. Insya Allah anda akan selalu rindu untuk pulang karena selalu kangen dengan masakan istri anda.

Mudah-mudahan sedikit penjelasan yang saya berikan dapat memberikan inspirasi dalam merenovasi rumah anda bulan depan. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah SWT agar segalanya berjalan lancar, amin ya robbal aalamin.

Wassalam

Konsultasi Arsitektur Terbaru