free hit counters
 

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Rumah Tumbuh 150 Juta

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya baru saja membeli rumah di daerah Cilebut – Kabupaten Bogor. Alhamdulillah di beri karunia rizki oleh Allah, hingga rencana nya setelah serah terima 8 bulan kemudian akan langsung kami renovasi.

Namun dana renovasi nya terbatas, hanya 150 juta saja. Sementara kebutuhan kami banyak. Di lantai satau kami ingin ada 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan + pantry, mushola + ruang keluarga, dapur kotor, dan parkir mobil.

Di lantai atas kami juga ingin ada 3 kamar tidur, ruang cuci jemur, gudang, kamar mandi umum dan kamar mandi utama. Kami ingin juga ada balkon di depan dan belakang.

Kami juga ingin ada sedikit ruang untuk butik kecil – kecilan , tempat memajang usaha busana muslimah yang selama ini kami kelola.

Demikian permintaan kami. terimakasih atas tanggapan disain nya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andri – Cilebut Bogor
Wa’alaikum salam wrwb

Pak Andri di Cilebut Bogor, semoga rumah nya segera dapat terwujud. Walaupun masih harus sabar menunggu 8 bulan kemudian. Sambil menunggu proses pembangunan rumah ini, kita bisa cicil disain nya. Hingga bila saat nya tiba, rumah sudah siap di renovasi dengan disain yang sudah disetujui.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Pak Andri dan netters sekalian, sebelum kita bicarakan masalah dana yang terbatas, diskusi kita bisa langsung masuk ke pokok persoalan. Yaitu  kebutuhan yang banyak di lahan yang terbatas.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Denah awal sebenarnya tidak saya rubah banyak. Saya hanya menambahkan butik di depan ruang tidur depan. Kamar tidur ke 3 di belakang kamar tidur lama yang ada di belakang.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Dapur kotor saya selipan di ruang kosong lama yang ada di antara dinding dapur lama dan carport. Lalu mushola saya selipkan di taman belakang. Terakhir tangga, ia saya masukkan di belakang pantry yang merupakan bekas dapur lama.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Nah, lantai satu selesai sudah. sangat hemat karena tidak banyak bongkar. Pekerjaan menjadi cepat dan mudah. Tukang di lapangan juga tidak bingung.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Kini kita pindah ke lantai 2. Ruang tidur utama saya letakkan di depan. Dengan ukuran yang paling luas. Hingga nyaman dan lega. Dengan kamar mandi utama yang menempel dengan jalur kamar mandi di lantai dasar.

Void di belakang dan tengah kamar mandi membuat hawa dan cahaya rumah ini mengalir dengan baik. Hingga lantai satu walaupun tertutup lantai 2 , ia tetap terang dan segar. Sementara lantai 2 yang cenderung lebih panas tetap akan terasa sejuk, karena aliran udara yang mengalir dengan bebasnya.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Alhamdulillah , selesai sudah disain kita kali ini. Kini tinggal kita kalkulasikan dana pembangunannya. Dana 150 juta memang sangat terbatas. Untuk itu disarankan atap yang ada dibuat dari cor dak beton dulu. dengan kata lain bangunan lantai 2 tidak dibangun dulu.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Dengan konsep ini, kita dapat dengan mudah membangun lantai 2 kelak, karena sudah ada dak beton tingkatnya. Hingga keluarga di lantai 1 tidak terganggu saat pelaksanaan tahap ke 2.

Demikian tanggapannya. semoga disain ini bermanfaat. Semoga Pak Andri semakin dilapangkan rizki nya.

Akhirul kalam,



Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik : www.bangunrumah123.com/

Untuk Order desain/Pelaksanaan email ke : [email protected] atau [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru