free hit counters
 

Konsultasi Arsitektur : Renovasi Rumah Murah Meriah

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

 eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

 

Saya ingin renovasi rumah. Mohon sarannya. Rumah saya sekarang 1 lantai. Ruangan lama hanya terdiri dari 2 kamar tidur saja. Sementara kebutuhan kami harus tambah 2 kamar tidur lagi.

Jadi bagaimana membuat disain rumah murah meriah dengan 4 kamar tidur ? Mohon saran dan masukannya.

Dana saya hanya 50 an juta, jika mungkin bangunan dibuat 2 lantai. Hingga nampak menarik, seperti artikel di bawah ini :
/konsultasi/arsitektur/46733.htm#.Uwwsqn-I5kg

Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Asep – Pamulang

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Asep yang saya hormati, nampaknya agak berat membuat bangunan 2 lantai jika dana yang tersedia hanya 50 juta – an. Karena biaya struktur lantai 2 akan menjadi mahal. Belum lagi jika anggaran renovasi 1 lantainya dimasukkan ke dalam perhitungan biaya.

Untuk itu saya berusaha fokus di bangunan lama. Hingga tidak perlu banyak bongkar. Atap lama serta dinding lama tetap saya pakai semua.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Saya hanya membuat bangunan baru di bagian belakang saja. Pertemuan 2 atap membuat saya terpaksa mengadakan talang di tengah atap. Dengan bahan cor dak beton. Hingga kuat dan tidak rawan bocor.

Kamar tidur baru saya sambungkan saja dengan kamar tidur lama. Hingga tata letak ruangannya menjadi mudah. Lapang dan lega. Tidak terlalu banyak lika liku tembok yang akan membuat ruangan berkesan sempit.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Netters sekalian, memang kesannya ala kadarnya disain ini. Tapi inilah cara paling hemat untuk renovasi rumah dengan dana terbatas. Jelas tidak cukup untuk bangunan 2 lantai. Hingga saya fokus pada kebtuhan ruang yang ada saja.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Nilai estetika saya kesampingkan dalam rencana renovasi rumah ini. Karena fokus utama adalah fungsi. Menambah ruang  tidur dengan dana terbatas. Itulah hal pokok utama yang menjadi konsentrasi bahasan kita.



Demikian penjelasan saya. Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur dan website: www.bangunrumah123.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru