free hit counters
 

Daftar Makanan yang Sangat Menyehatkan Jantung

EramuslimAdvertorial

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Diet memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat memengaruhi risiko penyakit jantung.

Faktanya, makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.
Berikut adalah daftar makanan yang menyehatkan jantung :

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan collard hijau terkenal dengan kekayaan vitamin, mineral dan antioksidannya.

Secara khusus, sayuran berdaun hijau adalah sumber vitamin K yang bagus , yang membantu melindungi arteri Anda dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat.

Sayuran berdaun hijau juga tinggi nitrat yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara peningkatan asupan sayuran berdaun hijau dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Satu analisis dari delapan penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan sayuran hijau dikaitkan dengan insiden penyakit jantung hingga 16% lebih rendah.

Studi lain pada 29.689 wanita menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah secara signifikan.

Gandum Utuh
Biji-bijian utuh mencakup ketiga bagian biji-bijian yang kaya nutrisi. Jenis biji-bijian yang umum termasuk gandum utuh, beras merah, oat, rye, barley, buckwheat dan quinoa.

Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, biji – bijian utuh lebih tinggi seratnya, yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL “jahat” dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Berbagai penelitian telah menemukan bahwa memasukkan lebih banyak biji-bijian dalam makanan Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Satu analisis dari 45 penelitian menyimpulkan bahwa makan tiga porsi lebih banyak biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 22% lebih rendah.

Demikian pula, penelitian lain menemukan bahwa makan setidaknya tiga porsi biji-bijian secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 6 mmHg, yang cukup untuk mengurangi risiko stroke sekitar 25%.
Saat membeli biji-bijian, pastikan untuk membaca label bahan dengan cermat.

Frasa seperti “gandum utuh” menunjukkan produk gandum utuh, sedangkan kata-kata seperti “tepung gandum” atau “multigrain” mungkin tidak.

Ikan Berlemak dan Minyak Ikan
Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah dipelajari secara ekstensif untuk manfaat kesehatan jantungnya.

Dalam satu penelitian pada 324 orang, makan salmon tiga kali seminggu selama delapan minggu secara signifikan menurunkan tekanan darah diastolik.

Studi lain menunjukkan bahwa makan ikan dalam jangka panjang dikaitkan dengan kadar kolesterol total, trigliserida darah, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

Selain itu, setiap penurunan 3,5 ons (100 gram) dalam konsumsi ikan mingguan dikaitkan dengan kemungkinan 19% lebih tinggi untuk memiliki satu faktor risiko tambahan untuk penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau obesitas.

Jika Anda tidak makan banyak makanan laut, minyak ikan adalah pilihan lain untuk mendapatkan dosis harian asam lemak omega-3 Anda.
Suplemen minyak ikan telah terbukti mengurangi trigliserida darah, meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.
Suplemen omega-3 lainnya seperti minyak krill atau minyak alga adalah alternatif yang populer.

Susu kambing
Susu kambing punya kandungan kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Tertulis bahwa pada takaran 100 mililiter, jumlah kalium pada susu kambing mencapai 160 miligram.

Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah.

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

Almond
Almond sangat padat nutrisi, memiliki daftar panjang vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan jantung.
Almond juga merupakan sumber lemak dan serat tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, dua nutrisi penting yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa makan almond dapat memiliki efek yang kuat pada kadar kolesterol Anda juga.

Satu studi pada 48 orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa makan 1,5 ons (43 gram) almond setiap hari selama enam minggu mengurangi lemak perut dan kadar kolesterol LDL “jahat”, dua faktor risiko penyakit jantung.

Studi kecil lainnya memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa makan almond selama empat minggu menghasilkan penurunan signifikan pada LDL dan kolesterol total.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan almond dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi, yang dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan menjaga arteri Anda tetap bersih.

Ingatlah bahwa meskipun almond sangat tinggi nutrisi, mereka juga tinggi kalori. Ukur porsi Anda dan kurangi asupan Anda jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Catatan dari kami
Untuk menjaga nutrisi keluarga di rumah hendaknya Anda memberikan asupan nutrisi terbaik seperti susu kambing etawa. Karena saat ini telah hadir Susu Kambing NutriGOAT yang rasanya nikmat dan tidak berbau prengus sama sekali. NutriGOAT dapat dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, rasanya sangat disukai oleh anak-anak, mencegah pengeroposan tulang pada LANSIA, dan untuk Ibu menyusui bisa membantu melancarkan produksi ASI.

Susu Kambing NutriGOAT dihasilkan dari peternakan kambing organik yang diformulasikan dengan Krimer Nabati dan Gula Aren, sehingga rasanya lebih nikmat. Bisa disajikan hangat maupun dingin.



Untuk informasi produk NutriGOAT, pemesanan NutriGOAT, keagenan dan distributor NutriGOAT silahkan hubungi nomor di bawah.

WhatsApp : 0811-2222-0921
Instagram : https://www.instagram.com/nutrigoat.official/
Facebook : https://www.facebook.com/NutrigoatID/
Website : http://nutrigoat.co.id/
LinkTree : https://linktr.ee/nutrigoat.co.id

YUK DAFTAR MENJADI RESELLER NUTRIGOAT SEKARANG DAN SEGERA DAPATKAN LOGAM MULIA

Info Produk Terbaru