free hit counters
 

Cara Mengetahui Naik Turunnya Iman Menurut Buya HAMKA

Eramuslim.com – Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan HAMKA adalah ulama kharismatik kebanggaan kaum Muslimin kelahiran Sungai Batang Maninjau Sumatera Barat. Sosok yang mewakafkan diri dan jiwanya untuk dakwah ini banyak menuliskan buku-buku penggugah jiwa. Di antaranya adalah Tasauf Modern yang berisi pencerahan-pencerahan ruhani tentang cara menggapai kebahagiaan sejati berdasarkan Islam.

Di dalam buku yang dicetak pertama kali tahun 1939 ini, salah satu potongan menarik di dalamya adalah tentang cara mengetahui naik-turunnya iman. Pasalnya memang, iman memiliki siklus bertambah dan berkurang dalam diri seorang individu.

Lantas, bagaimanakah cara mengetahui siklus naik-turunnya iman di dalam diri kita? Berikut penuturan ulama yang juga menulis Tafsir al-Azhar saat berada di balik Jeruji Besi.

Beliau memulainya dengan memberi nasihat agar kita lebih banyak memanfaatkan waktu untuk membaca al-Qur’an dan mempelajari hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Menurut beliau, “Lebih baik banyak membaca Qur’an, menyelidiki hadits-hadits yang berhubungan dengan perkara iman, kelak rahasia itu akan terbuka sedikit demi sedikit.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru