free hit counters
 

Caligula, Pencitraan dan Bangun Infrastruktur Dikala Ekonomi Hancur

Redaksi – Jumat, 15 Oktober 2021 07:04 WIB

Foto/Wikipedia Commons

 

Tidak ada wanita yang bisa menolak kemauannya dan tidak ada pria yang akan menolak jika Caligula menginginkan istrinya.

Bahkan Caligula lakukan hubungan inses dengan saudara perempuannya sendiri.

Caligula memiliki kebiasaan belanja dengan sangat royal yang tentunya menguras kas Romawi.

Meskipun ia menghabiskan banyak uang untuk proyek-proyek konstruksi yang bermanfaat seperti teater, saluran air, pelabuhan, dan kuil, tapi banyak pengeluarannya ditangani dengan sangat sembrono.

Ketika kas Romawi sangat defisit, ia mulai kehilangan dukungan para senator, dan juga masyarakat Romawi , karena ketersediaan makanan pokok rakyat semakin tipis dan cendrung kekurangan.

Ditengah ketidakpercayaan para politisi dan rakyat kebanyakan, Caligula merencanakan sesuatu agar ia bisa membuat pencitraan kembali untuk rakyat Roma kembali percaya kepadanya.

Maka ia merencanakan penyerbuan negeri Britania, yang mana wilayah ini belum ada satupun Kaisar Romawi yang pernah menakhlukannya. Ia berfikir ketika ia bisa takhlukan negeri Britania, maka kekuasaannya di hadapan politisi dan rakyat akan kembali padanya . Ia mencari objek yang bisa ia jadikan Pencitraan Baik , Yaitu Takhlukan Britania.

Ketika ingin menyebrang Selat Inggris, ternyata selat Inggris miliki gelombang yang besar, dan tidak bisa diarungi oleh armada laut Romawi saat itu. Walau Caligula bersikeras untuk lanjutkan penyebrangan selat Inggris, ia  banyak ditentang oleh panglima militernya, karena melihat kondisi laut yang tidak memungkinkan harus dilakukan penyebrangan.



Khawatir Caligula malu karena tidak jadi bertempur, dan gagal mengembalikan pencitraan dirinya dihadapan Rakyat Roma, maka ia melakukan kebohongan , ia hiasi sebagian pasukannya sebagai layaknya tawanan perang asal Britania, dengan skenario Caligula dan pasukannya berhasil menaklukan Britania, dan pulang membawa ribuan  tawanan perang pasukan Britania bohongan  menuju Roma dengan gegap gempita dibawah riuhnya sambutan Rakyat Roma. Ia lakukan demi pencitraan ketika kepercayaan masyarakat Roma sudah pupus padanya..

Foto/Wikipedia Commons

akhirnya, tidak ada kebohongan sempurna., dan ia terus melakukan dengan banyak kebohongan lainnya , dan tentunya kas Roma yang semakin menipis dan berbahaya bagi kekaisaran, maka sekelompok konspirator dari para politisi dibentuk untuk menjatuhkan Caligula.

Pada bulan Januari tahun 41 M, karena ia tidak memiliki seorang putra , maka ia ajukan kudanya yang bernama  Incitatus dilantik sebagai senator Romawi, tetapi naas baginya, sebelum pelantikan kudanya, para konspirator  berhasil menikam Caligula hingga tewas , bersama dengan istri dan putri tirinya. Seorang saksi mencatat, “Caligula belajar dari pengalaman nyatanya bahwa ternyata dia bukan dewa.” (berbagai sumber)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3Lihat semua

History Terbaru