free hit counters
 

Awas! Polusi Udara Bisa Sebabkan Gangguan Kesuburan Kaum Adam

zahid – Jumat, 5 Januari 2018 13:30 WIB

SH/Don Peter
Sebuah angkutan umum Kopaja M19 jurusan Tanah Abang – Blok M mengeluarkan asap hitam dari knalpot saat melintasi jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/10).

Eramuslim – Bagi para lelaki yang tinggal di daerah perkotaan padat dengan banyak kendaraan melintas setiap harinya, sudah sepatutnya kini mulai memperhatikan bahaya polusi udara terhadap kesehatan.

Dikutip dari hellosehat.com, tak hanya menyebabkan gangguan pernafasan, polusi udara seperti dari asap knalpot maupun debu berdampak buruk bagi kejantanan dan kesuburan lelaki karena merusak kualitas sperma.

Selama ini, dikenal tiga faktor penting penentu kualitas sperma, yaitu jumlah sperma, bentuk sperma dan gerakan sperma. Jika ada kelainan salah satu dari ketiga faktor itu, maka risiko pria tidak subur akan semakin meningkat.

Jika seorang lelaki terpapar polusi dalam jangka waktu yang lama maka akan berdampak pada penurunan jumlah sperma. Testis tidak akan berfungsi dengan baik dalam suhu yang tinggi yaitu 37 derajat celcius, hal ini bisa menyebabkan produksi sperma terganggu kualitasnya.

Sementara polusi udara mengakibatkan suhu menjadi meningkat. Hal itu akan membuat testis mengalami efek peningkatan suhu yang tidak normal. Ditambah faktor lainnya yang memperburuk kerja testis, seperti penggunaan celana ketat atau duduk di tempat panas.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru