free hit counters
 

Gelar Parade Militer, Taliban Pamer Alutsista Canggih AS yang Diambil Alih

Redaksi – Senin, 8 Rabiul Akhir 1443 H / 15 November 2021 09:37 WIB

Parade Militer Taliban Meresmikan Tentara Baru dengan Peralatan Perang  Bekas AS dan Sekutunya

eramuslim.com – Berselang sekitar tiga bulan setelah mengambil alih kekuasaan, Taliban menggelar sebuah parade militer di Kabul.

Menurut jurubicara Kementerian Pertahanan Enayatullah Kwarazmi, parade pada Minggu (14/11) itu diadakan sebagai upacara kelulusan 250 tentara yang baru dilatih.

Berdasarkan laporan Reuters, selama parade, Taliban memamerkan kendaraan lapis baja buatan Amerika Serikat (AS) yang mereka sita hingga helikopter Rusia.

Tampak lusinan kendaraan lapis baja M117 buatan AS melaju perlahan di jalan utama Kabul, diiringi dengan helikopter MI-17 yang berpatroli di atasnya.



Selain itu, ada banyak tentara membawa senapan serbu M4 buatan AS.

Sebagian besar senjata dan peralatan yang sekarang digunakan pasukan Taliban merupakan buatan AS. Alutsista tersebut pada awalnya milik pasukan pemerintahan terdahulu yang digulingkan.

Namun pasukan berhasil dikalahkan oleh Taliban, sementara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari Afghanistan.

Pejabat Taliban mengatakan bahwa pilot, mekanik dan spesialis lain dari mantan Tentara Nasional Afghanistan akan diintegrasikan ke dalam pasukan baru, yang juga mulai mengenakan seragam militer konvensional menggantikan pakaian tradisional Afghanistan yang biasanya dikenakan oleh para pejuang mereka.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dunia Islam Terbaru